Search Blog :

Rabu, 18 Mei 2011

Floating Bunker = Pom Bensin Terapung ?

Pom Bensin terapung? Tahukah anda?
Sesuai dengan namanya, Pom Bensin a.k.a Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) adalah tempat dimana kita mengisi bahan bakar untuk kendaraan kesayangan kita. Tapi apakah anda tahu, bahwa jenis pom bensin bukan hanya seperti yang banyak kita temui di pinggir jalan? 

pom bensin yg biasa kita jumpai di pinggir jalan
(Image Source : Wikipedia)

Adalah Floating Bunker, pom bensin diatas air (baca:terapung) yang khusus melayani pengisian bahan bakar untuk kendaraan air, mulai dari Kapal (Vessel,english), segala jenis Boat (Tug Boat, Speed Boat dll), hingga perahu kecil yang menggunakan mesin. Fungsi dari Floating Bunker ini sendiri sama dengan SPBU yang biasa kita jumpai di Darat. Hanya saja posisinya berada mengapung diatas air. Floating Bunker bisa kita jumpai di daerah2 dekat pelabuhan dan di daerah-daerah yang banyak lalu lintas air seperti di Kalimantan dan Sulawesi.

Adapun Floating Bunker itu sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yaitu Mobile Bunker (Bisa bergerak) dan Floating Bunker (tidak bergerak).

Untuk Mobile Bunker, pengisian bahan bakar dapat dilakukan lebih praktis, karena Mobile Bunker ini sendiri dapat bergerak dan sandar dimanapun sesuai dengan posisi kapal maupun perahu yang ingin diisi bahan bakar. Mobile Bunker ini bergerak dengan cara ditarik oleh Tug Boat (kapal tunda).
Mobile Bunker
(Image Source : Atna Company)

Sedangkan untuk Floating Bunker, posisinya menetap dan tidak bergerak di pinggir muara maupun sungai. Sehingga untuk proses pengisian bahan bakar, kapal maupun boat yang akan diisi harus sandar/mendekat dimana posisi Floating Bunker ini menetap.

Floating Bunker
(Image Source : Self Collection 2011)





4 komentar:

  1. menarik kapal yang bunker tu..
    gambar pun nice :)

    BalasHapus
  2. Thx cik froggie :D have a nice day

    BalasHapus
  3. baru tau ada ky gini ya..trims infonya bro...

    BalasHapus
  4. Wah, saya baru tahu kalo ada pom bensin terapung! Berarti PERTAMINA selangkah lebih maju kalo begitu. -Rudyanto Lay

    BalasHapus